Solusi Konflik Palestina-Israel Sudah Ada, Masalahnya Adalah…

FPCI Foreign Policy Tapes with Ambassador Delia D. Albert: “Insights into ASEAN Early Days”
September 8, 2023
Conference on Indonesian Foreign Policy (CIFP)
November 16, 2023

Solusi konflik Palestina Israel sebenarnya sudah ada, namun rintangannya semakin berat. Sejak 7 Oktober 2023, lebih dari 7.000 jiwa warga Palestina telah terenggut karena eskalasi operasi militer Israel di kawasan Gaza yang terus meningkat. Jika intensitas serangan ini terus berlanjut, perdamaian akan semakin jauh dari gapaian.

Meskipun ada tekanan internasional untuk menghentikan konflik yang memakan korban jiwa masyarakat sipil, Dewan Keamanan PBB gagal memberikan hasil yang berarti bahkan hanya untuk menyerukan gencatan senjata. Indonesia mengutuk serangan ini dan menyerukan gencatan senjata, serta mendesak agar koridor bagi akses kemanusiaan segera dibuka.

Kita tidak bisa lagi membiarkan perang ini terus berlanjut, namun pertanyaannya: Apa solusinya? Sebenarnya solusi konflik Palestina-Israel sudah ada, yaitu solusi 2 negara (two-state solution) di mana Palestina dan Israel sama-sama ada sebagai negara yang merdeka dan hidup berdampingan secara damai. Namun apa yang menjadi halangannya? Inilah yang Dr. Dino Patti Djalal, Ketua dan Pendiri FPCI, akan bahas dalam video analisa ini. Semoga bermanfaat. Salam Diplomasi.